Tuesday 12 January 2016

on


Di Gintama ada banyak korelasi antar fraksi politik, banyak orang yang masih belum memahaminya dan menanyakannya pada Sorachi. Jadi Sorachi menjelaskan hubungan antar organisasi yang berkonfrontasi di gintama dalam Q&A Sorachi Gintama volume 62. Tapi pertama-tama ringkasan untuk setiap organisasi akan dijelaskan:

Tendoushu: Mempunyai peranan untuk memonopoli energi planet, mereka adalah organisasi dengan kekuatan yang luar biasa. Sekarang mereka tampaknya melekat pada planet bumi. Memiliki kendali total atas bakufu, mereka adalah satu-satunya yang memiliki kekuasaan yang sebenarnya.

Pemerintahan Tokugawa: Dengan kedatangan Amanto, 20 tahun sebelumnya, mereka kehilangan semua otoritas mereka. Sekarang mereka dimanfaatkan oleh Tendoushuu hanya sebagai pemerintahan boneka.

Fraksi Hitotsubashi: Hanya menjadi boneka di tangan Amanto, mereka ingin mengambil kekuasaan kembali dari tangan Tokugawa. Dipimpin oleh Hitotsubashi Nobunobu, mereka memiliki beberapa kelompok reformis dalam bakufu. Minawarigumi adalah salah satu dari kelompok mereka.

Kiheitai: Dipimpin oleh Shinsuke Takasugi, rencana mereka adalah untuk menggulingkan dan menghancurkan bakufu, mereka adalah sebuah kelompok teroris.

Tenshouin Naraku: Mereka orang-orang dan pelayan terkuat sejak zaman kuno sebagai organisasi pembunuh. Pada saat ini mereka melayani Tendoushuu, pada saat yang sama mereka juga mengawasi bakufu.

Bajak Laut Luar Angkasa Harusame: Yang disebut Para Tetua Harusame, yang bersekongkol dengan organisasi kriminal setiap planet. Ini adalah sindakat kriminal terbesar di alam semesta, kekuasaan mereka dapat dibandingkan dengan salah satu bangsa, yang dilayani oleh 12 divisi.

Situasi terakhir, kurang lebih dijelaskan seperti yang ada di gambar ini:



Tendoushuuu menggunakan Pemerintahan Tokugawa sebagai boneka, yang entah bagaimana hanya muncul sesekali. Itu karena mereka mempercayakan hal seperti administrasi negara dan patriot joui pada pemerintahan. Tapi bukan hanya teroris yang ingin menggulingkan Tokugawa Shigeshige. Dalam Bakufu ada fraksi rahasia yang berkomplotan dengan Hitotsubashi Nobunobu. Dalam hal ini kita menekankan hubungan antara Takasugi Shinsuke dari Kiheitai dan unsur penting dari fraksi Hitotsubashi, Komandan Mimawarigumi, Sasaki Isaburo yang bekerja sama melawan pemerintahan saat ini. Dan dalam waktu yang sama, untuk memperoleh lebih banyak kekuatan, Takasugi menjalin hubungan dengan sindikat kriminal terbesar di alam semesta, Bajak Laut Luar Angkasa Harusame.



Memanfaatkan kekuatan Bajak Laut Luar Angkasa Harusame, Kiheitai yang dipimpin Takasugi ingin mengakhiri Bakufu dan Tendoushuu, tapi Harusame itu sendiri masih di bawah kendali Tendoushuu. Itu karena pemimpin tertinggi Harusame, dewan tetua, takut pada Tendoushuu. Dan mereka tidak bisa menyerang wilayah mereka selama mereka masih bekerjasama. Karena itu, Takasugi menggunakan perselisihan internal antar keduabelas kapten divisi, dewan dan admiral yang berebut untuk mendapatkan kekuatan sejati.  Untuk melakukannya, Takasugi beraliansi dengan pemimpin terkuat divisi ketujuh yaitu Kamui yang terkenal. Jadi takasugi dan Kamui mengabaikan dewan tetua dan Harusame mulai beraksi sendiri.



Di sisi lain, di antara orang yang menginginkan hancurnya kekuasaan politik, di dalam Bakufu dan fraksi Hitotsubashi, Sasaki Isaburo betindak sebagai semacam perantara dengan Tendoushuu. Boneka yang sebenarnya itu mantan Shogun Sadasada yang perannya dihapus karena kejahatan masa lalunya. Dan alat Tendoushuu, organisasi pembunuh Naraku, ikut campur dalam urusan mereka.

Ironisnya Yorozuya dan Shinsengumi di tempatkan terpisah dari pasukan utama, mereka bergabung dengan Shogun saat ini, Tokugawa Shigeshige, melancarkan rencana mereka untuk menghapus Sadasada dari posisinya, tapi itu membuat konfrontasi antara Tendoushuu dan fraksi Hitotsubashi semakin jelas, membuat perang besar tak terelakkan.



Menjadi terisolasi dan tanpa perlindungan Sadasada dan Tendoushuu, Shigeshige menjadi mangsa yang mudah bagi nafsu membunuh Takasugi. Kiheitai, Hitotsubashi, Harusame, mereka semua mengerahkan kekuatan mereka dalam gerakan yang dipimpin oleh Takasugi untuk mengambil kepala Shogun. Tapi Yorozuya, Shinsengumi dan Oniwabashuu dipercayai untuk menghentikan mereka. Dan seperti yang diduga, Nobunobu mengkhianati mereka, mengerahkan serangan dengan Tendoushuu dibelakangnya. Memanfaatkan Takasugi untuk menghapus Shigeshige dari peran bonekanya, dan Hitotsubashi Nobunobu membuang mereka untuk kursi Shogun. Selain itu, karena sepak terjang liar Kamui, dewan tetua merasa cemas. jadi ketidakpuasan ini mengawali serangan keduabelas Divisi ke Divisi ketujuh yang dipimpin Kamui sendirian. Serangan itu mengawali masa kritis di dalam Kiheitai dan divisi ketujuh, yang harus melarikan diri karena hampir hancur. Selamat dari pembunuhan, Shigeshige mengatur kekuatan baru di dalam ibukota (Kyoto), untuk melawan pemerintahan baru Nobunobu, tapi itu menjadikan Shigeshige target yang mudah untuk mereka musnahkan.



Dengan Nobunobu berkhianat pada Takasugi dan diangkatnya diri Nobunobu sebagai Shogun yang baru, Sasaki Isaburo memalsukan kepeduliannya pada pemerintahan baru. Ketika Nobunobu disibukkan dengan pembersihan pendukung mantan Shogun, Sasaki masih menghasut unsur-unsur pengganggu di Kepolisian untuk menciptakan kerusuhan besar untuk menghapuskan Nobunobu. Hal ini menyebabkan reformasi besar-besaran dalam negara, dan aliansi bersama Shinsengumi memimpin mereka untuk meninggalkan Edo. Dibutakan oleh balas dendam, Nobunobu memulai untuk memusnahkan pemberontak yang tersisa dan memulai untuk bertindak sendiri. Dalam waktu yang sama, Tendoushuu, meninggalkan dewan tetua dan memperoleh kendali penuh atas keduabelas divisi Harusame. Mengambil kendali situasi untuk menghapus semua unsur yang dianggap menganggu. Selain itu, Tendoushuu juga mulai bergerak untuk memberantas Gintoki dan yang lainnya juga. Jadi apa yang akan terjadi pada Gintoki dan Edo mulai dari sekarang? Cukup banyak hal akan terjadi di volume ini dan volume depan.

5 comments: